Harga Kawasaki Ninja 150rr - Bagi para penyuka m0t0r yang berbau sp0rt pastinya tak akan asing lagi dengan m0t0r 2 tak milik kawasaki ini. Saat generasi pertama yang di buitl up dari negeri gajah putih ( thailand ) diluncurkan ke tanah air di tahun 2002, m0t0r berfairing ini langsung menjadi primad0na dan telah dengan sukses memp0pulerkan nama kawasaki di negara ind0nesia ini. Seiring berjalannya waktu, m0t0r ini telah berganti ke beberapa generasi dan yang dirasa paling baru adalah generasi yang terlahir di tahun 2014 kemarin.
Kawasaki ninja 150rr 2014 memiliki desain b0dy serta berbagai spesifikasi yang cenderung lebih mantap dibandingkan dengan m0del-m0del sebelumnya. Lantas bagaimanakah spesifikasi dari m0t0r yang sampai sekarang masih sangat p0puler serta dianggap sebagai salah satu m0t0r "legenda hidup" di ind0nesia ini?
Dari Segi Desain
M0t0r ninja 150rr ini mengusung desain yang lebih sp0rty dan keren. Menggunakan fairing yang agak minimalis namun pr0p0si0nal yang membuat tampilan m0t0r ini enak untuk dipandang. Pada bagian headlamp tunggal telah didesain dengan agak tajam sehingga selain pencahayaan bisa terf0kus dengan maksimal, juga membuat tampilan m0t0r mirip dengan m0t0r-m0t0r sp0rt kelas premium. Bagian spakb0r belakang yang didesain agak pendek membuat tampilan dibelakang lebih mantap dan lebih masculin. Tidak sampai disitu saja, untuk menyempurnakan tampialn b0dy agar lebih menawan, m0t0r ini dihiasi dengan perpaduan warna yang cantik dan juga ciamik.
Dari Segi Mesin
Kawasaki ninja 150rr ini mengusung mesin berkapasitas 150 cc, 2-Langkah, 1 silinder, 6-kecepatan, Redd valve, Cranked Case dengan sistem pendinginan berupa cairan. Mesin tersebut telah dilengkapi dengan tekn0l0gi terkini kawasaki seperti Super KIPS ( Kawasaki Integrated P0wer Valved System ) & HSAS ( High-Perf0rmance Sec0ndary Air System ).
Tekn0l0gi Super KIPS sendiri sebenarnya merupakan suatu mekanisme katup/ klep yang mengendalikan emisi atau gas buang pada exhaust p0rt. Cara kerja dari katup tersebut sebenarnya cukup sederhana yakni katup akan "terbuka" pada saat rpm tinggi yang memungkinkan pembakaran dalam mesin menjadi lebih sempurna dan tenaga yang dikeluarkan menjadi lebih maksimal. Dan sebaliknya, katup akan "tertutup" saat rpm rendah yang berguna agar campuran bahan bakar dan udara yang terdapat dalam mesin tidak banyak yang terbuang percuma.
Sedangkan untuk HSAS, sebenarnya adalah sebuah saluran udara bersih yang di hubungkan kedalam tempat dimana gas buang dari ruang pembakaran bermuara ( exhaust Chamber ) yang bertujuan supaya reaksi 0ksidasi yang terdapat dalam catalyc c0nventer bisa lebih cepat akibat adanya udara bersih yang mengalir.
Cara kerja dari HSAS ini diatur 0leh mekanisme dari sebuah katup yang disebut Redd Valve. Redd Valve ini akan 0t0matis terbuka untuk mengalirkan udara pada saat rpm rendah dan akan tertutup pada saat rpm tinggi ( berbanding terbalik dengan KIPS ).
Kedua tekn0l0gi tersebut dirasa sangat terbukti mampu membuat mesin dari kawasaki ninja 150rr ini menjadi lebih p0werfull. Ini bisa dilihat dari daya maksimum yang dihasilkan 0leh mesinnya mencapai 21 kW / 11000 rpm dengan t0rsi maksimumnya mencapai 20 Nm / 9000 rpm. Dan dengan k0mparansi mesin yang hebat seperti itulah yang mampu membuat m0t0r 2 tak seberat 134 kg ini bisa berkaselerasi dengan sangat baik dijalanan.
Dalam sebuah test ride yang dilakukan, m0t0r sp0rt ini bisa berkaselerasi dari k0ndisi kecepatan 0 - 60 km/jam dalam waktu 3,8 detik saja. Kemudian untuk menempuh jarak dari 0 - 201 meter cuma diperlukan waktu 10,3 detik saja. Lalu untuk kecepatan maksimalnya, m0t0r ini mampu mencapai angka dikisaran 143 km/jam. Dan kecepatan itu lebih besar dari kecepatan para pesaingnya di ind0nesia, salah satunya seperti yamaha r15 yang hanya mencapai 140 km/jam saja.
Tidak hanya cepat, berkat penerapan tekn0l0gi-tekn0l0gi tersebut pemakaian bahan bakar pun dirasa menjadi sedikit lebih hemat yakni sekitar 17 km/liternya ( EUR0 II ). Meski rasanya masih b0r0s, tapi bisa dimaklumi juga mengingat mesinnya masih 2-tak dan belum 4-tak.
Sekt0r Pengereman
Sebagai penghenti lajunya, kawasaki ninja 150rr dibekali dengan rem jenis cakram twin p0rt yang terpasang kuat di r0da depan dengan ukuran ban 90/90 - 17 49S dan di r0da belakang dengan ukuran ban 110/80- 17 57S. Bannya sendiri telah menggunakan tipe ban tanpa ban dalam ( tubeless ) sehingga tidak hanya membuat pengendara m0t0r ini lebih aman tetapi juga semakin menambah kesan sp0rt pada m0t0r sp0rt 150 cc milik kawasaki ini.
Di ind0nesia, warna pilihan untuk kawasaki ninja 150rr sendiri ada 3 yakni Hijau-Hitam, 0range-Hitam dan terakhir Abu-Abu.
|
Kawasaki Ninja 150rr Hijau-Hitam |
|
Kawasaki Ninja 150rr Orange-Hitam |
|
Kawasaki Ninja 150rr Abu-Abu |
Untuk lebih memuaskan para pecinta dari m0t0r sp0rt 150 cc ini, pihak kawasaki m0t0r ind0nesia ( KMI ) juga meluncurkan varian istimewa atau bisa dibilang spesial editi0n ( SE ). Yang membedakannya dengan versi biasa hanya terletak pada tampilan luarnya saja yang terlihat lebih keren dan sp0rty. Ada 1 tipe spesial editi0n yang telah tersedia di ind0nesia saat ini yakni dengan pilihan warna Putih-Hitam.
|
Kawasaki Ninja 150rr Special Edition |
Bicara mengenai harga, kawasaki ninja 150rr standar maupun spesial editi0n dibander0l dengan harga yang agak mahal. Harga tersebut lebih mahal jika dibandingkan dengan harga pesaingnya di ind0nesia seperti harga yamaha r15 maupun h0nda cbr 150.
Sekedar inf0rmasi, kawasaki ninja 150rr ini dikabarkan akan segera dihentikan pr0ses pr0duksi sekitar bulan juli tahun 2015 mendatang. Hal ini karena regulasi / peraturan pemerintah ind0nesia yang mengharuskan setiap kendaraan berm0t0r lulus uji emisi EUR0 3. Jadi mau tak mau m0t0r-m0t0r yang masih emisi EUR0 2 seperti ninja 150rr ini harus di kurangi tingkat keberadaannya di ind0nesia.
Tapi meski begitu, para pecinta atau bahkan para pemilik dari ninja 150rr jangan kecewa dulu dan meninggalkan m0t0r 2 tak ini ya, s0alnya telar tersiar kabar yang menyatakan bahwa pihak kawasaki m0t0r ind0nesia dipastikan akan tetap mempr0duksi bagian-bagian / sparepart dari m0t0r ini hingga 10 tahun kedepan. Hal ini dimaksudkan mengingat telah banyak nya penjualan serta sudah banyaknya k0nsumen m0t0r ini di negara ind0nesia agar para pecinta m0t0r tersebut bisa tetap merasakan sensasi berkendara yang nyaman dari m0t0r legenda tersebut. 0h ya, pihak kawasaki sendiri kabarnya akan segera mengganti m0t0r andalan nya ini dengan m0t0r baru yang mengusung mesin 4-tak. Kita tunggu saja ya kebenarannya!
Spesifikasi Kawasaki Ninja 150rr :
- DIMENSI
- Panjang keseluruhan motor : 1930 mm.
- Lebar nya 720 mm.
- Tinggi mencapai 1095 mm.
- Jarak poros antar as roda adalah 1305 mm.
- Jarak terendah ke tanah adalah 145 mm.
- Berat motor dalam keadaan kosong adalah 134 kg.
- Kapasitas bensin / bahan bakar adalah 10,8 liter.
2.
RANGKA
- Suspensi bagian depan memakai teleskopik 41 mm & suspensi belakang memakai jenis monoshock.
- Rem depan dan belakang sama-sama memakai jenis cakram twin port.
- Ban depan memiliki ukuran 90/90 - 17 49S Type Tubeless, sedangkan ban belakang berukuran 110/80- 17 57S Type Tubeless.
3.
MESIN
- Memakai mesin dengan volume silinder 149 cm3 ( 1 silinder ), 2 - Langkah, Reed Valve, Cranked Case, HSAS, KIPS dengan sistem pendinginan air.
- Diameter x Langkah nya adalah 59 mm x 54,4 mm.
- Perbandingan komprehensi mesin : 6,9 : 1.
- Daya / power maksimum yang bisa dihasilkan adalah 21 kW / 11000 rpm, EURO II. Sedangkan untuk torsi maksimumnya mencapai 20 Nm / 9000 rpm, EURO II.
- Karburator yang digunakan berjenis Mikuni Vm 28.
Harga Kawasaki Ninja 150rr - Bulan Juli 2015 :
- Harga Kawasaki Ninja 150rr New
- Harga Kawasaki Ninja 150rr Baru Rp 37.100.000
- Harga Kawasaki Ninja 150rr Spesial Edition Baru Rp 38.300.000
2. Harga Kawasaki Ninja 150rr Bekas
- Harga Kawasaki Ninja 150rr 2011 Rp 28.000.000
- Harga Kawasaki Ninja 150rr 2012 Rp 33 - 34.000.000
- Harga Kawasaki Ninja 150rr 2013 Rp 32 - 35.000.000