Yamaha YZF R1 - Tiap-tiap pabrikan motor tentunya punyai terpandai yg diandalkan guna memenangkan persaingan yg ada. Demikian pula bersama yamaha, perusahaan berlambang garpu tala asal jepang tersebut nyata-nyatanya pun mempunyai sederetan banyak motor yg dijadikan pemenang lho utk berkompetisi dgn para pesaingnya. Salah satu nya yakni motor superbike Yamaha YZF R1 2015.
Motor ini mula-mula kali muncul ke hadapan dunia ketika tampil di arena bergengsi EICMA di milan, italia. Tepatnya kepada tanggal 4 Nopember 2014, motor superbike ini resmi lahir di dunia otomotif yang merupakan generasi penerus utk menukar Yamaha R1 version 2014. Oh ya sekedar kabar, lahirnya motor ini disinyalir bakal jadi penghadang sekaligus rival berat untuk motor baru milik kawasaki adalah H2 yg
sekian banyak bln pada awal mulanya sudah dirilis.
Tidak Sama dgn version 2014, R1 2015 mempunyai design body yg jauh lebih sporty & serta futuristik. Mempunyai postur yg lebih ramping & pun ringan. diluar itu superbike ini serta sudah di lengkapi bersama perangkat juga tehnologi yg lebih mutakhir ketimbang version lawasnya. Di negeri paman sam alias amerika, motor yamaha yzf Republik Indonesia model 2015 ini ditawarkan bersama 3 pilihan warna yg atraktif ialah biru, hitam & terakhir merah.
|
Yamaha YZF R1 2015 Biru |
|
Yamaha YZF R1 2015 Hitam |
|
Yamaha YZF R1 2015 Merah |
Seperti yg aku bilang di atas tadi, motor supersport jawara yamaha ini sudah memiliki sekian banyak feature pula tehnologi trendi. & mungkin saja pun, itu sanggup dibilang yang merupakan keunggulan tersendiri dari motor R1 2015 ini pun membuatnya tidak sama jikalau di bandingkan bersama generasi pada awal mulanya ataupun bersama banyak motor yg yang lain. Ingin tau apa itu? nih kabar selengkapnya :
Design Mengadopsi dari Yamaha YZR-M1
Sbg motor keluaran paling baru, new yamaha yzf r1 thn 2015 ini mempunyai design yg benar benar tidak serupa jauh dgn model lamanya di thn 2014. & menariknya, rancangan anyar tersebut nyata-nyatanya ialah hasil adopsi dari rancangan salah satu motor balap kenamaan yamaha di arena moto gp yaitu YZF-M1. Keren kan?.
Pengadopsian itu serta bukan dikarenakan tak ada alasannya, melainkan di maksudkan supaya yamaha r1 generasi terkini ini sanggup mempunyai performa yg kurang lebih nyaris sama dgn motor balap yamaha tersebut.
New-Alumunium Deltabox Frame
New yamaha yzf r1 2015 ini memanfaatkan rangka inovasi terupdate adalah Alumunium Deltabox Frame. Rangka ini disinyalir lebih kuat & serta ringan juga mempunyai tingkat kelenturan yg tinggi (fleksibel) jikalau di bandingkan dgn rangka model lama. Rangka ini dengan cara kusus didesain buat memberikan tingkat kestabilan yg tinggi diwaktu berkendara.
Mesin Tangguh & Mahir
Supersport yamaha ini dipersenjatai bersama mesin tangguh & mahir apabila di bandingkan bersama mesin R1 2014. Mesin tersebut berkapasitas 998cc, DOHC (Double Over Head Camshaft), 4 silinder (cylinder), 16 katup (valves), dgn system pendinginan cairan (liquid cooled). Mempunyai diameter piston & stoke masing-masing 79 mili meter x 50,9 mili meter, pun mempunyai perbandingan komprehensi rasio 13 : 1. Titanium Intake Valves dan Steel Exhaust Valves bersama diameter yg lebih lebar ialah 33 mili meter(R1 lama : 31 mili meter) & 26,5 milimeter(R1 lama : 25 mili meter).
Setelah Itu ada pula tehnologi modis Yamaha Chip Control Throttle ( YCC-T ) & Yamaha Chip Controlled Intake ( YCC-I ). Bersama komparansi mesin seperti itu yamaha R1 version 2015 mempunyai power max sampai 147.1 KW (200 PS) / 13500 rpm bersama torque max mencapai 112.4 Nm (11.5 kg-m) / 11500 rpm. Si supersport ini dapat digeber sampai kecepatan maksimal sampai mencapai kisaran angka 300 km/jam.
Tidak Cuma amat sangat serentak, R1 ini serta terbilang lumayan irit dalam penggunaan bahan bakarnya. Ini seluruhnya berkat aplikasi technologi Mikuni Fuel Injection Sistem bersama 2 buah injektor. Menariknya, nyatanya system injeksi seperti ini sempat diterapkan kepada motor andalan yamaha, seperti R6 & bahkan terhadap motor balap motogp adalah YZR-M1. Berkat technologi tersebut motor ini memiliki mengonsumsi bahan bakar lebih kurang 15 km/liter nya.
Oh ya, yg tidak boleh ketinggalan, R1 2015 ini mempunyai emisi yg bersih & pun ramah lingkungan. Aspek ini disebabkan sebab adanya tehnologi mutahir bernama Yamaha EXUP system( Yamaha Exhaust Ultimate Power Valve) yg yg melekat terhadap motor ini.
New-Titanium Exhaust Sistem
Motor nomor wahid sport ini di bekali dgn system pembuangan ialah berupa knalpot berbahan titanium paling baru. Bahan titanium sendiri mempunyai sekian banyak keunggulan diantaranya ternama ringan apabila di bandingkan bersama bahan lain seperti dari besi atau stainless steel. Seterusnya dirinya pun ternama condong enteng melepaskan panas alias lebih serta-merta dingin. Setelah Itu, bahan ini pun sanggup meredam nada yg di hasilkan. Bersama penggunaan knalpot bersama type ini, pastinya tak cuma membantu tampilan dari motor yamaha yzf r1 ini jadi lebih sporty, tetapi pula sanggup menciptakan performa motor ini jadi lebih maksimal.
Suspensi Tangguh & Mahir
Yamaha YZF R1 mempunyai peranti suspensi yg tangguh & mahir. Suspensi tersebut yakni Inverted Fork 43 milimeter di bidang depan & Single Shock / /Piggyback Reservoir dgn 4 kiat penyetelan kenyamanan di bagian belakang. Ke-2 suspensi tersebut diklaim sanggup meredam getaran yg berjalan, memaksimalkan handling & yg paling utama akan meningkatkan kenyamanan. & yg paling menarik yaitu ke-2 suspensi tersebut berasal dari perusahaan Kayaba (KYB) yg ternama yang merupakan salah satu perusahaan suspensi paling baik dunia.
Bidang Pengereman Maksimal bersama Technologi UBS dan ABS
Yang Merupakan motor supersport yg identik dgn kecepatan yg tinggi, yamaha yzf r1 ini dipersenjatai dgn perangkat keamanan yg level tinggi. Perangkat tersebut tak lain merupakan rem cakram yg melekat di ke-2 rodanya yg masing-masing mempunyai ukuran 120/70ZR 17M/C (depan) dan 190/70ZR 17M/C (belakang). Di sektor depan di lengkapi bersama rem cakram hidrolik ganda 4 kaliber piston bersama diameter 320 milimeter, sedangkan rem belakang ialah cakram hidrolik tunggal berdiameter 220 milimeter. Kedua-duanya berasal dari perusahaan terkemuka Nissin.
Tak hingga disitu saja ya, bagian pengereman serta jadi lebih sempurna dgn pengaplikasian technologi mutahir Yamaha Unified Braking sistem(UBS) & ABS (Anti-lock Braking Sistem). UBS & ABS bekerja bersama-sama utk mencegah roda terkunci sewaktu melaksanakan pengereman, terutama pengereman mendadak. Ke-2 system ini mengizinkan pengendara buat mengoperasikan rem depan & rem belakang dengan cara bersama-sama cuma bersama menarik tuas rem depan. Ya mungkin saja agak serupa sama Combi Brake Sistem terhadap motor matic namun yg ini jauh lebih mutahir lagi.
Instrumen Modern dgn Monitor Thin Film Transistor (TFT)
R1 di lengkapi dgn instrumen mutakhir, lebih tepatnya dgn Thin-Film Transistor LCD m. LCD tersebut mempunyai penampilan warna yg cemerlang & mengijinkan pengendara utk dapat mengetahui keadaan kendaraan dgn tambah baik. LCD tersebut memberikan berita utama seperti indikator kecepatan, indikator bahan bakar, indikator gigi, tachometer, jam, indikator suhu, ride control sistem, power delivery mode, variable traction control, slide control sistem, launch control sistem, quick shift sistem, lift control sistem, & timer lap buat menghitung lap paling baik.
Velg Magnesium
Kaki-kaki milik yamaha yzf r1 2015 diperkuat bersama velg sporty 10-jari yg berbahan magnesium. pemakaian velg tersebut disinyalir sanggup mengurangi berat rotasi roda sampai nol,8 kg di bandingkan bersama model sebelumnya(r1 2014). Selanjutnya velg tersebut serta diklaim dapat menahan beban kendaraan ketika jalankan perubahan arah / berbelok ataupun bermanuver bersama lebih baik. Tidak Hanya itu, velg tersebut serta bisa menciptakan tingkat pengendalian motor jadi lebih enteng.
Wheelbase Lebih Pendek
R1 keluaran th 2015 ini mempunyai wheelbase alias jarak sumbu roda yg lebih pendek lebih kurang 10 milimeter jikalau di bandingkan bersama model R1 diawal mulanya. Ukurannya sendiri yakni 1405 milimeter. Faktor ini dimaksudkan supaya motor bisa tampil lebih agresif, gesit & lincah terutama disaat melintasi belokan.
MotoGp@-inspired Electronic Packages
Yamaha YZF R1 2015 di lengkapi dgn paket elektronik mutahir yg belum sempat ditawarkan oleh motor supersport legal terhadap rata rata. Menariknya, paket eklektronik yg dipunyai tersebut terinspirasi & mengadopsi dari paket elektronik yg ada terhadap motor balap motogp. Paket elektronik yg dimaksud tersebut antara lain :
- Inertial Measurement satuan(IMU) yakni piranti elektronik yg mempunyai 6 sumbu pengukuran, terdiri dari satu buah pemeriksaan gyro yg mengukur sisi pitch, roll, & yaw, juga accelerometer atau G-sensor yg mengukur percepatan terhadap arah depan-belakang, atas-bawah & kanan-kiri. Kesemuanya kepada tingkat 125 perhitungan per detik. IMU ini berkomunikasi bersama Yamaha Ride Control (YRC) ialah suatu piranti elektronik modis yg dipunyai oleh Yamaha. YRC sendiri terdiri dari Power Delivery Mode, Traction Control Sistem, Slide Control Sistem, Lift Control Sistem, Launch Control Sistem & terakhir Quick Shift Sistem. Seluruhnya sistem-sistem ini bisa disesuaikan & sanggup pun disimpan tentang penyesuaiannya dalam 4 penetapan/pengaturan.
- Power Delivery Mode (PWR) mempunyai trik kerja yg nyaris sama bersama system D-Mode. Mengijinkan pengendara buat dapat mengatur sendiri settingan sisi bukaan gas yg sesuai guna mengatur tenaga atau power yg dikeluarkan oleh motor. System ini sendiri mempunyai 4 pilihan ride mode yg mampu dipilih oleh pengendara serasi dgn keadaan berkendara yg mereka hadapi.
- Variable Traction Control sistem(TCS) adalah suatu system yg berfungsi buat mengatur lean angle (segi kemiringan) terhadap motor. Gunanya adalah buat mencegah roda belakang tak mengalami slip saat ke luar dari tikungan dgn keadaan kecepatan yg tinggi. TCS ini sedia dalam 10 pengaturan terpisah (off & 1-9).
- Slide Control sistem(SCS) yaitu suatu technologi teranyar yg mula-mula hadir dalam produksi sepeda motor massal. Technologi ini sejatinya milik dari motor balap motogp yamaha ialah YZR-M1. Technologi ini bekerja bersama-sama bersama system IMU, & berfungsi utk mencegah terjadinya slide terhadap ban belakang. Disaat slide terdeteksi sehingga dengan cara automatic ECU (Electronic Control Satuan) bakal mengontrol tenaga mesin (dalam faktor ini mengurangi) buat mengurangi terjadinya slide. Sebaliknya, bila slide tak lagi terdeteksi atau ban sudah kembali normal sehingga ECU dengan cara automatic bakal mengotrol tenaga mesin biar ke luar dengan cara penuh (full). Menariknya, system ini pun dapat disesuaikan oleh pengendara dgn 4 settingan (1-3 & off).
- Lift Control system(LIF) adalah suatu tehnologi yg berfungsi buat mencegah sektor body motor depan terangkat berlebihan kala melaksanakan akselerasi dengan cara spontan.
- Quick Shift Sistem (QSS) ialah system yg mengijinkan motor lakukan shifting dgn serentak tidak dengan memakai kopling maupun menutup gas buat lap time yg lebih segera. System ini mempunyai 3 settingan (1-2 & off).
- Launch Control Sistem (LCS), berfungsi buat membatasi teriakan RPM kepada putaran mesin dengan cara automatis cuma di kisaran angka 10,000 RPM saja walaupun gas di buka penuh. LCS ini dikombinasikan bersama system TCS & LIF & bermanfaat buat start maupun akselerasi supaya lebih maksimal.
Immobilizer Ignition System
Motor supersport ini serta di lengkapi bersama technologi mutahir utk mencegah terjadinya perbuatan pencurian namanya merupakan Immobilizer Ignition Sistem. System ini bekerja bersama mengaplikasikan satu buah kode husus terhadap kunci kontak, di mana kode ini mirip & serasi bersama kode system ECU yg ada terhadap motor. Dikala kunci kontak dimasukkan ke lubang kunci, dengan cara automatic ECU dapat membaca kode yg ada terhadap kunci kontak. Apabila kodenya sama (pas) sehingga mesin menyala. Sebaliknya, kalau kodenya tak pas sehingga mesin tak bakal menyala.
Spesifikasi Yamaha YZF R1 2015:
1.DIMENSI
- Panjang total body motor ialah 2055 mili meter.
- Lebarnya merupakan 690 milimeter.
- Tinggi nya sendiri mencapai 1150 milimeter.
- Tinggi jok atau ruangan duduk yakni 855 mili meter.
- Jarak antar sumbu rodanya 1405 mili meter.
- Jarak terendah ke tanah merupakan 130 mili meter.
- Trail nya : 101 mili meter.
- Segi kemudinya 24 derajat.
- Kapasitas bahan bakar nya (full tank) mencapai 17 liter.
- kapasitas oli atau minyak pelumas merupakan 3,9l iter.
- Berat basah motor : 199 kg / 179 kg (kering).
2. RANGKA
- Rangka yg diperlukan ialah Alumunium Deltabox.
- Suspensi sektor depan memakai type Inverted Fork (garpu terbalik) 43 mili meter dari KYB dan belakang memanfaatkan suspensi type Single Shock/Piggyback Reservoir bersama 4 trick penyesuaian/penyetelan dari KYB.
- Rem depan menggunakan cakram hidrolik ganda 4 kaliber piston bersama diameter 320 milimeter, sedangkan rem belakang yakni cakram hidrolik tunggal berdiameter 220 milimeter.
- Ban depan berukuran 120/70ZR 17M/C dan belakang berukuran 190/70ZR 17M/C.
3. MESIN
- Menggunakan mesin berkapasitas 998cc, DOHC (Double Over Head Camshaft), 4 silinder (cylinder), 16 katup (valves), bersama system pendinginan cairan (liquid cooled).
- Diameter piston x stroke : 79 milimeter x 50,9 mili meter.
- Maksimum power nya : 147.1 KW (200 PS) / 13500 rpm dan torsi maksimum : 112.4 Nm (11.5 kg-m) / 11500 rpm.
- Perbandingan komprehensi rasionya yaitu : 13,0 : 1.
- System pembakarannya yaitu Fuel Injection Sytem bersama tehnologi YCC-T & YCC-I.
- System pengapian TCI atau Transistor Control Ignition (digital)
- Transmisi 6 kecepatan bersama tehnologi kopling multiplate slipper clucth.
- Final drive atau rantai yg dimanfaatkan yakni kategori O-ring Chain.
- System penghidupan mesin : Electric Starter.
Harga Yamaha YZF R1 2015 - Bulan Juli 2015:
- Harga baru untuk motor yamaha yzf r1 keluaran tahun 2015 ini adalah $16,490 atau jika di kurs kan ke dalam rupiah saat ini adalah sekitar 212 juta rupiah.